Laman

Senin, 13 April 2009

Konsep OOP

Pengertian Objek

Semua yang ada di dunia ini adalah sebuah objek, poho, mobil, gunung, manusia adalah contoh dari objek. Dan objek mempunyai jenis/ tipe darimana objek itu sendiri berasal, misalnya adalah mobil sedan merupakan objek dari tipe kendaraan bermotor. Tipe ini disebut dengan kelas. Berikut ini adalah skema bagaimana hubungan objek dengan kelas. Contoh disini adalah kelas kendaraan bermotor.


Gambar di atas menunjukkan bahwa Kendaraan bermotor mempunyai kelas-kelas dibawahnya yaitu Jenis Bus, Mini Bus, dan Sedan. Masing-masing kelas tersebut mempunyai objek sendiri, yaitu objek bus Nusantara, Panther, Honda City.

Objek

Sebuah cara pemograman dengan membagi program tersebut menjadi beberapa struktur-struktur atau prosedur yang saling berinteraksi antar objek untuk menyelesaikan suatu tugas. Object merupakan sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek lainnya. Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia dapat dianggap sebagai sebuah object. Rumah, mobil, sepeda motor, meja, dan komputer merupakan contoh-contoh object yang ada di dunia nyata. Setiap object memiliki dua karakteristik yang utama yaitu, atribut dan behavior. Atribut merupakan status object dan behavior merupakan tingkah laku dari objek tersebut.

Method adalah fungsi dan prosedur atau behaviour dari sebuah objek. Contohnya adalah seekor kucing yang bisa berlari, mencakar dan mengeong.

a. Enkapsulasi ( Pembungkusan )
Adalah cara pembungkusan atas struktur program, sehingga apabila ingin mengetahui jalan sebuah struktur yang di enkapsulasi, kita harus berinteraksi dengan objek tersebut, misalnya sebuah perhitungan gaji. Program perhitungan gaji akan di enkapsulasi atau di bungkus dan user hanya akan mengetahui hasil dari program tersebut dengan mengisikan beberapa data terlebuh dahulu.

b. Polymorphisme
Adalah satu objek dengan banyak bentuk yang berbeda, adalah konsep sederhana dalam bahasa pemrograman berorientasi objek yang berarti kemampuan dari suatu variabel referensi objek untuk memiliki aksi berbeda bila method yang sama dipanggil, dimana aksi method tergantung dari tipe objeknya. Contoh dari polimophisme

public class Kipas {
public void tambahKecepatan () {

System.out.println(“Kecepatan angin bertambah”);
}
}

public class Cosmos extends Kipas {
public void tambahKecepatan() {
System.out.println(“Kecepatan angin bertambah satu tingkat”);
}
}

public class National extends Kipas {
Public void tambahKecepatan() {
System.out.println(“Kecepatan angina bertambah dua tingkat’);
}
}


Public class KipasBeraksi() {
Public static void main(string [] args) {
Kipas kipas=new Kipas();
Cosmos cosmos=new Cosmos();
National national=new National();

Kipas.tambahKecepatan();

kipas=cosmos;
kipas.tambahKecepatan();

kipas=national;
kipas.tambahKecepatan();
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar